Cara Mengatasi kesulitan Tidur (Insomnia)

Insomnia adalah Kesulitan untuk tidur dan selalu berulang walaupun waktu atau kesempatan untuk tidur ada.

Insomnia ini bisa disebabkan oleh adanya suatu penyakit lain, atau karena sedang mengalami tekanan psikologis. Tetapi kebanyakan penyebabnya yang dari sisi psikologis, karena tekanan dalam bekerja, dll.

Banyak orang yang menderita insomnia tergantung ke obat tidur untuk dapat tidur, ini justru akan memperparah keadaan karena akan menyebabkan ketergantungan psikologis yang menganggap bisa tidur kalau sudah minum obat tidur.


Tips Alami Mengatasi Insomnia :

1. Jernihkan pikiran anda.
Jauhkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Berdo'alah ketika akan tidur.

2. Tempat tidur hanya untuk tidur, jauhkan dari laptop dan gadget lainnya ketika akan tidur, usahakan agar kamar anda tenang dan gunakan lampu yang redup saat akan tidur.

3. Anda harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata anda segera merasa mengantuk. jika anda hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia anda tidak akan teratasi.

4. Mengatasi Insomnia bisa juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami, malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, karena bisa menyebabkan anda kembali susah tidur pada malam harinya. cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh akan mulai tertidur di malam hari.

5. Usahakan anda harus menerima bahwa kita butuh tidur delapan jam dalam sehari, jangan memotong waktu tidur anda, karena akan merusak pola tidur anda.

6. Jangan memaksakan untuk tidur kalau belum waktunya, sebenarnya tidur itu alami dan mudah. memaksakan tidur akan menyebabkan cemas dan akhirnya susah tidur. pergilah ke tempat tidur pada saatnya waktu tidur, berbaring dengan tenang dan anda akan mengantuk dengan sendirinya.

7. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik sebagai awal untuk tidur.

8. Sebelum tidur jangan mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur. Jauhkan juga dari rokok ketika akan tidur.

9. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang tidak teratur akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

10. Atasi masalah yang anda hadapi. sebuah masalah hidup bisa mengganggu tidur anda, karena akan selalu terbawa dipikiran anda ketika ingin tidur.

11. Berolah raga secara teratur.
Lakukan olahraga di pagi hari secara teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur.

12. Konsultasikan dengan dokter
Anda jika Anda tidur terus-menerus terganggu, kadang-kadang mungkin merupakan gejala dari penyakit fisik segeralah konsultasi dengan dokter.
Share:

0 comments:

Post a Comment