Cara Mudah Mencari Satu Kabel dari Sekian Banyak Kabel

Ketika dalam suatu jaringan komputer ada kabel yang mengalami gangguan dan anda harus mencari kabel tersebut yang mana dan dimana putusnya sedangkan jumlah kabelnya banyak, atau contoh lain kalau anda sedang mengecek jalur kabel telephone yang putus dan ingin mengetahui kabelnya yang mana dan putusnya dimana, atau misal anda sedang mengecek perkabelan yang ada di kendaraan anda, misalnya kabel untuk lampu putus dan ingin mengetahui putusnya dimana dll, cara yang paling mudah dan cepat untuk menelusurinya yaitu dengan menggunakan alat yang bernama tone checker.

Untuk mengetes putus atau nyambung suatu kabel biasanya kita menggunakan Ohm meter atau  AVO meter (Amphere Volt Ohm), (Ohm meternya yang dipakai untuk mengetahui putus nyambungnya kabel), tapi kalau kabelnya berada diantara kabel-kabel lain yang jumlahnya banyak dan secara fisik atau visual susah dibedakan antara kabel-kabel tersebut maka akan lebih mudah kalau menggunakan tone checker terlebih dahulu.

Satu set Tone checker memiliki dua buah unit, satu berfungsi sebagai tone generator/ tone launcher dan satu lagi berfungsi sebagai receiver/testernya.

Cara kerjanya : ujung kabel yang akan diukur disambungkan ke tone generator, kemudian tone generatornya dinyalakan, maka kalau probe pada receiver/testernya didekatkan ke kabel tersebut akan terdengar bunyi tone khusus. sehingga kalaupun disana ada banyak kabel akan diketahui kabel mana yang ujungnya disambungkan ke tone generator, cukup hanya dengan mendekatkan probe tester ke kabel-kabel tersebut, walaupun ada bunyi tone dari kabel-kabel yang lain, bunyi dari kabel yang ujungnya tersambung ke tone generator tentu bunyinya akan lebih nyaring.

Berikut salah satu Tone checker  dari brand: Puneng dengan model PN-T N2010
Untuk kabel jaringan (kabel LAN) dan kabel telephone, tinggal lansung colok konektor Rj45/Rj11nya ke Tone generator.

Kalau anda memerlukan alat ini banyak tersedia di toko yang menjual aksesoris jaringan komputer, atau coba browsing dengan kata kunci tone checker, akan banyak tersedia tipe dari berbagai merek.
Share:

0 comments:

Post a Comment